SILABUS
Mata Kuliah :
Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
Bobot SKS :
2 SKS
Semester :
3 (Tiga)
Kelompok Mata Kuliah :
Mata Kuliah Keahlian Program Studi
Jurusan/ Program Studi :
Tarbiyah/ KI-IPAUDI
Tim Dosen :
1.
Tujuan Mata Kuliah
Meningkatkan
pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai tahap-tahap pertumbuhan dan
perkembangan anak usia dini, mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam
melakukan deteksi dini terhadap hambatan/gangguan pertumbuhan dan perkembangan
anak, serta mampu melakukan reveral sesuai dengan permasalahan pertumbuhan dan
perkembangan yang terjadi pada anak usia dini.
2.
Deskripsi Mata Kuliah
Dalam
perkuliahan dibahas tentang konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan anak yang
meliputi pengertian pertumbuhan dan perkembangan, faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan dan aspek-aspek perkembangan
anak usia dini. Selanjutnya dibahas konsep tentang asesmen/penilaian
pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, konsep reveral dalam proses deteksi
anak usia dini dan dilakukan praktek penyusunan alat asesmen pertumbuhan dan
perkembangan anak usia dini
3.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan yang
digunakan adalah integrasi antara penguasaan kemampuan hardskills dengan
softskills dengan metode bervariasi, meliputi: ceramah, diskusi, pemecahan
masalah dan penugasan.
Media : Infokus (LCD), CD, Televisi dan media lain yang relevan
4. Evaluasi
1. Ujian Tengah Semester
2. Ujian Akhir Semester
3. Tugas (paper, observasi)
4. Partisipasi kelas
5.
Rincian
Materi Pekuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1 : Orientasi Perkuliahan
Pertemuan 2 : Konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan
Pertemuan 3 : Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan anak (1)
Pertemuan 4 : Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan anak (2)
Pertemuan 5 : Teknik penilaian pertumbuhan dan asesmen perkembangan
anak (1)
Pertemuan 6 : Teknik penilaian pertumbuhan dan asesmen perkembangan
anak (2)
Pertemuan 7 : UTS
Pertemuan 8 : Penyusunan proposal asesmen aspek
fisik-motorik/kognitif anak usia dini
Pertemuan 9 : Presentasi proposal asesmen aspek
fisik-motorik/kognitif anak usia dini
Pertemuan 10 : Praktek pelaksanaan asesmen aspek
fisik-motorik/kognitif anak usia dini
Pertemuan 11 : Presentasi hasil pelaksanaan asesmen aspek
fisik-motorik/kognitif anak
usia
dini
Pertemuan 12 : Penyusunan proposal asesmen metode inventory untuk
mengukur aspek
fisik-motorik,
kognitif, bahasa dana sosial emosi anak usia dini
Pertemuan 13 : Presentasi proposal asesmen metode inventory untuk
mengukur aspek
fisik-motorik,
kognitif, bahasa dana sosial emosi anak usia dini
Pertemuan 14 : Praktek pelaksanaan asesmen asesmen metode inventory
untuk
mengukur aspek
fisik-motorik, kognitif, bahasa dana sosial emosi anak
usia
dini
Pertemuan 15 : Presentasi hasil pelaksanaan asesmen metode
inventory untuk mengukur
aspek
fisik-motorik, kognitif, bahasa dana sosial emosi anak usia dini
Pertemuan 16 : Review/ UAS
Referensi :
Berk,
L.E. (2003). Child Development, Sixth Edition . Boston: A and B.
Garna,
H. dkk (2005). Pedoman Diagnosis dan Terapi IKA. Bandung : Bagian IKA FK
UNPAD/RSHS
Hurlock,
E.B. (1981). Developmental Psychology. A-Life Span Approach. New Delhi: Tata
McGraw-Hill Publishing Company Ltd.
Santrock,
J.W. (1995). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup edisi 5 Jilid 1 .
Jakarta: Penerbit Erlangga
Rerefensi
Penunjang :
Beaty,
J.J. (1994). Observing Development of The Young Child. New York: MacMillan
Publishing Company.
Dodge.,
Trister, D., colker, L.J.,Heroman, C. (2002). The Creative Curriculum for
Preschool.fourth edition. Washington, D.C.: Teaching Strategis, Inc.
Lissaueur,
T. (2001) Illustrated Texbook of Pediatrics. Philadelphia: Mosby
Patmonodewo,
S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan dan Penerbit Rineka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar