Senin, 08 Juli 2013

Silabus Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

SILABUS

Mata Kuliah                            : Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
Bobot SKS                              : 2 SKS
Semester                                  : 3 (Tiga)
Kelompok Mata Kuliah          : Mata Kuliah Keahlian Program Studi
Jurusan/ Program Studi           : Tarbiyah/ KI-IPAUDI
Tim Dosen                               :

1.       Tujuan Mata Kuliah
Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam melakukan deteksi dini terhadap hambatan/gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak, serta mampu melakukan reveral sesuai dengan permasalahan pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada anak usia dini.

2.      Deskripsi   Mata Kuliah
Dalam perkuliahan dibahas tentang konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan anak yang meliputi pengertian pertumbuhan dan perkembangan, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan dan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Selanjutnya dibahas konsep tentang asesmen/penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, konsep reveral dalam proses deteksi anak usia dini dan dilakukan praktek penyusunan alat asesmen pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini

3.      Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan adalah integrasi antara penguasaan kemampuan hardskills dengan softskills dengan metode bervariasi, meliputi: ceramah, diskusi, pemecahan masalah dan penugasan.
Media : Infokus (LCD), CD, Televisi dan media lain yang relevan

4.   Evaluasi 
1. Ujian Tengah Semester    
2. Ujian Akhir Semester                          
3. Tugas (paper, observasi)
4. Partisipasi kelas   

5.      Rincian Materi Pekuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1 : Orientasi Perkuliahan
Pertemuan 2 : Konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan
Pertemuan 3 : Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan anak (1)
Pertemuan 4 : Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan anak (2)
Pertemuan 5 : Teknik penilaian pertumbuhan dan asesmen perkembangan anak (1)
Pertemuan 6 : Teknik penilaian pertumbuhan dan asesmen perkembangan anak (2)
Pertemuan 7 : UTS
Pertemuan 8 : Penyusunan proposal asesmen aspek fisik-motorik/kognitif anak usia dini
Pertemuan 9 : Presentasi proposal asesmen aspek fisik-motorik/kognitif anak usia dini
Pertemuan 10 : Praktek pelaksanaan asesmen aspek fisik-motorik/kognitif anak usia dini
Pertemuan 11 : Presentasi hasil pelaksanaan asesmen aspek fisik-motorik/kognitif anak  
                         usia dini
Pertemuan 12 : Penyusunan proposal asesmen metode inventory untuk mengukur aspek  
                         fisik-motorik, kognitif, bahasa dana sosial emosi anak usia dini
Pertemuan 13 : Presentasi proposal asesmen metode inventory untuk mengukur aspek
                          fisik-motorik, kognitif, bahasa dana sosial emosi anak usia dini
Pertemuan 14 : Praktek pelaksanaan asesmen asesmen metode inventory untuk
                         mengukur aspek fisik-motorik, kognitif, bahasa dana sosial emosi anak  
                         usia dini
Pertemuan 15 : Presentasi hasil pelaksanaan asesmen metode inventory untuk mengukur
                         aspek fisik-motorik, kognitif, bahasa dana sosial emosi anak usia dini
Pertemuan 16 : Review/ UAS

Referensi :

Berk, L.E. (2003). Child Development, Sixth Edition . Boston: A and B.
Garna, H. dkk (2005). Pedoman Diagnosis dan Terapi IKA. Bandung : Bagian IKA FK UNPAD/RSHS
Hurlock, E.B. (1981). Developmental Psychology. A-Life Span Approach. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Ltd.
Santrock, J.W. (1995). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup edisi 5 Jilid 1 . Jakarta: Penerbit Erlangga
Rerefensi Penunjang :
Beaty, J.J. (1994). Observing Development of The Young Child. New York: MacMillan Publishing Company.
Dodge., Trister, D., colker, L.J.,Heroman, C. (2002). The Creative Curriculum for Preschool.fourth edition. Washington, D.C.: Teaching Strategis, Inc.
Lissaueur, T. (2001) Illustrated Texbook of Pediatrics. Philadelphia: Mosby
Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Penerbit Rineka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar