Senin, 08 Juli 2013

Silabus Konsep Dasar PAUD


SILABUS

Mata Kuliah                            :  Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini
Bobot SKS                              : 3 SKS
Semester                                  : 1 (Satu)
Kelompok Mata Kuliah          :  Mata Kuliah Keahlian Program Studi
Jurusan/ Program Studi           :  Tarbiyah/ KI-IPAUDI
Tim Dosen                               : Elis Komalasari, S.Pd.

1.       Tujuan Mata Kuliah
Mahasiswa memahami secara komprehenship tentang konsep dan  teori dasar tentang pendidikan anak usia dini dalam berbagai sudut pandang keilmuan umum dan sudut pandang ilmu agama serta dapat mengaplikasikannya  secara professional baik pada lembaga PAUD formal, non formal maupun informal.

2.      Deskripsi   Mata Kuliah
Dalam perkuliahan dibahas tentang definisi, rasional,  tujuan,  ruang  lingkup, karakteristik dan fungsi pendidikan anak usia dini.  Selanjutnya  dieksplorasi pula tentang pendekatan, peran guru/pendidik,  perkembangan dan permasalahan berkaitan pendidikan anak usia dini. Untuk menyempurnakan pemahaman, dibahas pula tentang kebijakan-kebijakan berkaitan dengan pendidikan anak usia dini di Indonesia.

3.      Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan adalah integerasi antara penguasaan kemampuan hardskills dengan softskills dengan metode bervariasi, meliputi: ceramah, diskusi, pemecahan masalah dan penugasan.
Media : Infokus (LCD), CD, Televisi dan media lain yang relevan

4.   Evaluasi 
1. Ujian Tengah Semester    
2. Ujian Akhir Semester                          
3. Tugas (Observasi, paper, praktek)
4. Partisipasi kelas   

5.      Rincian Materi Pekuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1 : Hakekat Anak Usia Dini
Pertemuan 2 : Definisi dan Rasional PAUD
Pertemuan 3 : Tujuan, Fungsi-Peran dan Lingkup PAUD
Pertemuan 4 : Kebijakan PAUD di Indonesia
Pertemuan 5 : Teori Perkembangan Anak Usia Dini
Pertemuan 6 : Teori Pembelajaran Anak Usia Dini
Pertemuan 7 : Praktik Pembelajaran Sesuai dengan Perkembangan Anak (Development
                        Appropriate Practice)
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Pendekatan Dalam PAUD: Pendekatan Akademis
Pertemuan 10 : Pendekatan Dalam PAUD: Pendekatan Non Akademis
Pertemuan 11 : Pendekatan Dalam PAUD: Teori Bermain
Pertemuan 12 : Pendekatan Dalam PAUD: Implementasi Bermain
Pertemuan 13 : Praktek / Observasi Layanan PAUD
Pertemuan 14 : Karakteristik Program PAUD
Pertemuan 15 : Peran dan kualifikasi pendidik PAUD
Pertemuan 16 : UAS


Referensi :

Sollehuddin (1997), Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah, Bandung: FIP IKIP
Garvey, (1990), Play, Massachussetts: Harvard University Press
Bergen (1994), Understanding Preschool Play, Columbus: The Ohio State University
Bredekamp, Sue, (1987), Developmentally Appropriate Practice in Early
Childhood Program Serving Children from Birth through Age 8, Washington: National Association for Education of Young Children
Chritine, J & Enz, B.J (1993), Providing Resources for Play, Journal : Childhood Education, 70.291-292
Beaty. J. Janice . (1994) Observing Devopment of Young Child. (third Edition). New Jersey: By Prentice-Hall. Inc
Bateman. C.F. (1990). Empowering Your Child : How To Help Your Child Succed In School and in Life. Norfolk, V.A : Hampton Roads.
Eliason, Claudia & Jenkin, Lea (1994), Practice/Guide to Early Childhood Curriculum, Mac Millan College Pub. Company
Elkin. D. (1981). Child Development and Early Childhood Education : Where do we stand to day? Young Children. 
Ford, S.A (1993), The Facilitator Role In Children Play: Journal: Young Children, 49.66-69.
Gordon, Ira J (1972), Early Childhood Education, USA: The University of Chicago
Roopnaire & Johnson (1993), Approaches to Early Childhood Education, New York: Macmillan

Seefeldt, Carol (1980), Teaching Young Children, New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar