Senin, 08 Juli 2013

Silabus Psikologi Perkembangan Masa Kanak-Kanak

SILABUS

Mata Kuliah                            : Psikologi Perkembangan Masa Kanak-Kanak
Bobot SKS                              : 3 SKS
Semester                                  : 2 (Satu)
Kelompok Mata Kuliah          : Mata Kuliah Keahlian Program Studi
Jurusan/ Program Studi           : Tarbiyah/ KI-IPAUDI
Tim Dosen                               : Dian Erhan Saputra, S.Psi., PSI
  Elis Komalasari, S.Pd.

1.       Tujuan Mata Kuliah
Mahasiswa memahami secara komprehenshif tentang proses pertumbuhan dan  perkembangan masa kanak-kanak (usia 3 – 6 tahun) serta mampu menganalisis gambaran permasalahan yang seringkali muncul pada masa kanak-kanak.

2.      Deskripsi   Mata Kuliah
Dalam perkuliahan dibahas tentang hakikat pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik pertumbuhan dan perkembangan masa kanak-kanak, tugas perkembangan masa kanak-kanak dan permasalahan perkembangan masa kanak-kanak baik dari aspek kognitif, sosial-emosional, fisik-motorik dan bahasa.

3.      Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan adalah integrasi antara penguasaan kemampuan hardskills dengan softskills dengan metode bervariasi, meliputi: ceramah, diskusi, pemecahan masalah dan penugasan.
Media : Infokus (LCD), CD, Televisi dan media lain yang relevan

4.   Evaluasi 
1. Ujian Tengah Semester    
2. Ujian Akhir Semester                          
3. Tugas (paper, observasi)
4. Partisipasi kelas   

5.      Rincian Materi Pekuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1 : Orientasi Perkuliahan
Pertemuan 2 : Pertumbuhan dan perkembangan masa kanak-kanak
a.       Makna pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini
b.      Karakteristik pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini
c.       Periode perkembangan
d.      Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
e.       Pentingnya pemahaman perkembangan anak untuk profesional/ pendidik  anak usia dini
Pertemuan 3 : Studi/ kajian kontemporer tentang anak usia dini
a.       Pendekatan psikologis
b.      Pendekatan biologis
c.       Perspektif kesehatan
d.      Perspektif agama dan budaya
e.       Perspektif kondisi sosial ekonomi
f.       Perspektif sejarah, filsafat dan hukum
Pertemuan 4 : Teori-teori perkembangan anak
a.       Teori psikoanalisis
b.      Teori behavioral
c.       Teori social learning
Pertemuan 5 : Teori-teori perkembangan anak
d.      Teori maturational
e.       Teori kognitif
f.       Teori sistem ekologis
Pertemuan 6 : Perkembangan fisik-motorik masa kanak-kanak
a.       Perkembangan otak dan sistem nervous masa kanak-kanak
b.      Pertumbuhan fisik : tinggi dan berat anak usia 3-6 tahun
c.       Keterampilan fisik usia 3-6 tahun
d.      Keterampilan motorik usia 3-6 tahun
e.       Faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik masa kanak-kanak
Pertemuan 7 : Perkembangan kognitif masa kanak-kanak
a.       Tahap pemikiran praoperasional Piaget
b.      Pemrosesan informasi pada masa kanak-kanak
c.       Teori perkembangan Vygotsky
d.      Keterampilan kognitif usia 3-6 tahun
e.       Faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif masa kanak-kanak
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Perkembangan bahasa masa kanak-kanak
a.       Pemerolehan bahasa masa kanak-kanak
b.      Perbendaharaan kata dan tata bahasa masa kanak-kanak
c.       Perkembangan literasi (membaca dan menulis) masa kanak-kanak
d.      Keterampilan bahasa usia 3-6 tahun
e.       Faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa masa kanak-kanak
Pertemuan 10 : Perkembangan kreativitas masa kanak-kanak
a.       Makna kreativitas
b.      Perkembangan kreativitas pada masa kanak-kanak
c.       Ekspresi kreativitas pada masa kanak-kanak
d.      Faktor yang mempengaruhi kreativitas pada masa kanak-kanak
Pertemuan 11 : Perkembangan sosial pada masa kanak-kanak
a.       Teori erikson : prakarsa versus rasa bersalah
b.      Pemahaman diri pada masa kanak-kanak
c.       Kemandirian pada masa kanak-kanak
d.      Perilaku prososial
Pertemuan 12 : Perkembangan sosial pada masa kanak-kanak
a.       Hubungan teman sebaya dan fungsinya pada masa kanak-kanak
b.      Gaya pengasuhan keluarga dan pengaruhnya pada masa kanak-kanak
c.       Model kelekatan pada masa kanak-kanak
d.      Keterampilan sosial usia 3-6 tahun
Pertemuan 13 : Perkembangan emosional masa kanak-kanak
a.       Hakikat emosi anak-anak
b.      Takut dan kecemasan pada masa kanak-kanak
c.       Kemarahan dan agresifitas pada masa kanak-kanak
d.      Keterampilan emosi usia 3-6 tahun
Pertemuan 14 : Perkembangan emosional masa kanak-kanak
a.       Self concept pada masa kanak-kanak
b.      Self esteem pada masa kanak-kanak
c.       Self comforting pada masa kanak-kanak
Pertemuan 15 : Perkembangan moral masa kanak-kanak
a.       Perilaku moral masa kanak-kanak
b.      Perasaan moral masa kanak-kanak
c.       Penalaran moral masa kanak-kanak
d.      Tahapan perkembangan moral
e.       Disiplin pada masa kanak-kanak
Pertemuan 16 : UAS


Referensi :

Bee, Helen & Boyd Denise. (2007). The Developing Child. New York : Pearson Education, Inc.
Dariyo, A. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT. Refika Aditama
Hurlock, Elizabeth B. (1976). Guideposts for Growing Up. Chicago: Standar Educational Corporation
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Pucket, Margaret & Black, Janet K. (2001). The Young Child. Ohio : Merrill Prentice Hall
Santrock, John W. (2002). Life Span Development. Jakarta : Erlangga
Santrock, John W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar