Senin, 08 Juli 2013

Silabus Landasan PAUD


SILABUS

Mata Kuliah                            : Landasan Pendidikan Anak Usia Dini
Bobot SKS                              : 2 SKS
Semester                                  : 3 (Tiga)
Kelompok Mata Kuliah          : Mata Kuliah Keahlian Program Studi
Jurusan/ Program Studi           : Tarbiyah/ KI-IPAUDI
Tim Dosen                               : Elis Komalasari, S.Pd.

1.       Tujuan Mata Kuliah
Mahasiswa memahami secara komprehenship tentang landasan pemikiran pendidikan anak usia dini dari berbagai tokoh dan berbagai sudut pandang: agama, budaya dan keilmuan umum. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikannya  secara professional baik pada lembaga PAUD formal, non formal maupun informal.

2.      Deskripsi   Mata Kuliah
Dalam perkuliahan dibahas tentang pemikiran-pemikiran para tokoh pendidikan anak usia dini, pendidikan anak usia dini dalam perspektif agama Islam serta sejarah pendidikan anak usia dini dalam sudut pandang budaya multikultural.

3.      Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan adalah integerasi antara penguasaan kemampuan hardskills dengan softskills dengan metode bervariasi, meliputi: ceramah, diskusi, pemecahan masalah dan penugasan.
Media : Infokus (LCD), CD, Televisi dan media lain yang relevan

4.   Evaluasi 
1. Ujian Tengah Semester    
2. Ujian Akhir Semester                          
3. Tugas (Observasi, paper, praktek)
4. Partisipasi kelas   

5.      Rincian Materi Pekuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1 : Rencana perkuliahan, review konsep dan lingkup pengetahuan landasan PAUD
Pertemuan 2 : Hakikat anak usia dini dan Pendidikan anak usia dini
Pertemuan 3 : Pendidikan anak usia dini dalam perspektif agama Islam
Pertemuan 4 : Sejarah pendidikan anak usia dini dalam perspektif budaya Indonesia
Pertemuan 5 : Sejarah pendidikan anak usia dini dalam perspektif multikultural
Pertemuan 6 : Pendekatan PAUD : Teori perkembangan anak
Pertemuan 7 : Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Anak Usia Dini
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Pemikiran Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini
Pertemuan 10 : Pemikiran Froebel tentang Pendidikan Anak Usia Dini
Pemikiran 11 :  Pemikiran Ibnu Sina tentang Pendidikan Anak Usia Dini
Pertemuan 12 : Pendekatan Vygotsky pada Pendidikan Anak Usia Dini
Pertemuan 13 : Pendekatan Reggio Emilia pada Pendidikan Anak Usia Dini
Pertemuan 14 : Pemikiran Sarah Smilansky tentang Pendidikan Anak Usia Dini
Pertemuan 15 : Pendekatan Piaget tentang Pendidikan Anak Usia Dini
Pertemuan 16 : UAS


Buku Utama :

Roopnaire & Johnson. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan, Jakarta: Kencana Media Group
Dewantara, Ki Hajar. (1962). Pendidikan. Jogjakarta: Percetakan Taman Siswa
Sujiono, Yuliani N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks




Tidak ada komentar:

Posting Komentar