Senin, 08 Juli 2013

Silabus Kompetensi Profesional Pendidik Anak Usia Dini


SILABUS

Mata Kuliah                            : Kompetensi Profesional Pendidik Anak Usia Dini
Bobot SKS                              : 2 SKS
Semester                                  : 3 (Tiga)
Kelompok Mata Kuliah          : Mata Kuliah Keahlian Program Studi
Jurusan/ Program Studi           : Tarbiyah/ KI-IPAUDI
Tim Dosen                               : Elis Komalasari, S.Pd.


1.       Tujuan Mata Kuliah
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa memahami konsep profesi dan kompetensi pendidik anak usia dini, serta mampu mengpalikasikannya dalam tugas profesional di lembaga pendidikan anak usia dini.

2.      Deskripsi   Mata Kuliah
Dalam perkuliahan ini dibahas mengenai konsep dasar, ciri-ciri dan status profesi guru, profesi dan jenis-jenis permasalahan serta penanganan permasalahan dan upaya pengembangan profesi pendidik anak usia dini. Selain itu dibahasa pula kompetensi guru yang meliputi: kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Serta keterampilan yang harus dimiliki pendidik anka usia dini meliputi: memelihara keselamatan kelas, memelihara kesehatan kelas, menata lingkungan belajar, meningkatkan keterampilan fisik, meningkatkan keteramilan sosial dan komunikasi, meningkatkan keterampilan kognitif dan kreativitas, membangun konsep diri yang positif dan memberikan bimbingan, serta keterampilan dalam meningkatkan keterlibatan keluarga dan mengelola bimbingan.

3.      Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan adalah integerasi antara penguasaan kemampuan hardskills dengan softskills dengan metode bervariasi, meliputi: ceramah, diskusi, pemecahan masalah dan penugasan.
Media : Infokus (LCD), CD, Televisi dan media lain yang relevan

4.   Evaluasi 

  • Ujian Tengah Semester    
  • Ujian Akhir Semester                          
  • Tugas (Observasi, paper, praktek)
  • Partisipasi kelas   

5.      Rincian Materi Pekuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1 : Orientasi Perkuliahan
Pertemuan 2: Konsep dasar dan ciri-ciri profesi
Pertemuan 3: Status profesi guru/pendidik
Pertemaun 4: Profesi dalam PAUD
Pertemuan 5: Jenis-jenis permasalahan profesi pendidik anak usia dini
Pertemuan 6: Penanganan permasalahan profesi pendidik anak usia dini
Pertemuan 7: Upaya pengembangan profesi pendidik anak usia dini
Pertemuan 8: UTS
Pertemuan 9: Konsep dan jenis-jenis kompetensi pendidik
Pertemuan 10: Memelihara keselamatan dan kesehatan kelas
Pertemuan 11: Menata lingkungan belajar dan meningkatkan keterampilan fisik
Pertemuan 12: Meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi
Pertemuan 13: Meningkatkan keterampilan kognitif dan kreativitas
Pertemuan 14: Membangun konsep diri yang positif dan memberikan bimbingan
Pertemuan 15: Meningkatkan keterlibatan keluarga
Pertemuan 16 : UAS

Referensi :

Janice, Beaty. (1994). Skills for Preschol Teacher. New Jersey: Merrill
Janice, Beaty. (1994). Observing of The Young Children. New York: MacMillan
Dopyera and Dopyiera. (1994). Becoming a Teacher of Young Children. New York: McGraw-Hill
Bredecamp, Sue dan Copple, Carrol. (1997). Developmentally Appropriate Practice. USA: NAEYC
Hohmann, Mary and Weikart, david. (1995). Educating Young Children. Michigan: High/Scope
Mulyasa, Enco. (2006). Menjadi Guru Profesional: MencipatakanPembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
_____________. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Supriadi, Dedi. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. : Adicita Karya Nusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar